Fakultas | KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN |
Jurusan | Pendidikan Luar Sekolah |
Kode Matakuliah | PLS3142 |
Nama Matakuliah | DASAR-DASAR PENELITIAN |
Semester | 3 |
SKS | 2 sks |
Pengampu Perkuliahan | NANI SINTIAWATI |
Peserta Perkuliahan | 41032103200001 - DEWI ROHIMAH, 41032103200002 - DINA DWI HERLINA, 41032103200006 - ASRI LESTARI MUCHIDIN, 41032103200007 - WULAN RIDA AHSANI, 41032103200011 - SITI SARAH NURAJIZAH |
Dalam perkuliahan ini dibahas mengenai : lingkup penelitian yang akan dihadapi
di lapangan, model-model dan paradigma, desain penelitian, teknik pengolahan
data, dan sampai pada membuat laporan hasil penelitian.
Perkuliahan ini dilaksanakan dengan pendekatan ekspositoris dalam bentuk
e-learning yang dilengkapi dengan penggunaan media belajar power point, video, jurnal, melalui berbagai aplikasi daring seperti zoom, google meet dll. dan pendekatan inquiri yaitu Penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian
makalah, reviu buku dan jurnal, diskusi dan penceramah masalah.
Setelah menempuh perkuliahan ini diharapkan para siswa mampu mengausai
konsep dasar penelitian dalam lingkup pemecahan masalah-masalah dalam
penelitian juga mahasiswa mampu serta terampil menggunakan metedologi
penelitian yang tepat.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa memiliki kemampuan: 1. Menjelaskan ragam sumber ilmu dan pendekatan profetik dalam berilmu pengetahuan. 2. Menjelaskan tahapan perkembangan pencarian kebenaran. 3. Menjelaskan fungsi ilmu pengetahuan dan ciri-ciri pendekatan ilmiah (scientific) 4. Membedakan beberapa teori kebenaran |
Pembahasan tentang Konsep Dasar Penelitian | • Mahasiswa memperhatikan penjelasan tentang ragam sumber ilmu, pendekatan profetik dalam berilmu pengetahuan, tahapan perkembangan pencarian kebenaran ilmu pengetahuan, fungsi ilmu pengethaun, dan ciri-ciri pendekatan ilmiah • Tanya jawab/diskusi tentang beberapa masalah yang terkait dengan pengalaman dan persepsi penelitian yang dimiliki mahasiswa |
2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskantentang fungsi, tujuan dan prosedur atau langkah-langkah umum penelitian | Power point | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
2 | Mahasiswa memiliki wawasan dan peta isu-masalah pendidikan, serta mampu membuat rumusan masalah penelitian pendidikan yang baik. mendikusikan .... |
Pembahasan tentang Ruang Lingkup dan Masalah Penelitian Pendidikan | • Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang contoh penelitian pendidikan pada level mikro, meso, dan makro • Mahasiswa menyajikan resume hasil penelitian bidang sosial-pendidikan • Membuat contoh ‘state of the art” suatu penelitian pendidikan • Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang sumber masalah dan karakteristik mamsalah penelitian pendidikan • Mahasiswa menganalisis tulisan essay, rubrik, kolom media tentang pendidikan Menjawab soal • Mahahsiswa membuat contoh rumusan masalah penelitian pendidikan |
2 x 50 menit | 1. Pengamatan partisipasi/ keaktifan, 2. Tes Tulis, 3. Tanya jawab, 4. Pekerjaan mahasiswa Waktu dan jenis perangkat tes atau non tes untuk penilaian disesuaikan dengan indikator |
Power Point, Modul | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
3 | Memiliki pemahaman dalam menetapkan fokus penelitian, variabel penelitian, definisi operasional, dan jenis-jenis variabel dalam penelitian. |
Pembahasan tentang Fokus dan Variabel Penelitian | • Mahasiswa memperhatikan penjelasan tentang fokus penelitian, variable, jenis variable dan definisi operasional variable. • Sajian satu contoh hasil penelitian yang diambil dari skripsi atau jurnal.Mahasiswa diminta untuk mengamati: fokus penelitian, variabel penelitian, definisi operasional. • Secara individu/berkelompok mahasiswa diminta merumuskan pengertian tentang ketiga hal yang dicermati tersebut. • Mahasiswa mempresentasikan dan mendiskusikan hasil rumusan yang telah dibuatnya. • Mahasiswa secara individual diberikan tugas untuk merumuskan fokus, variabel, dan definisi operasional tentang penelitian yang akan dilakukannya. Menjawab soal |
2 x 50 menit | 1. Tanya jawab 2. Hasil pekerjaan mahasiswa 3. Keaktifan 4. Tes lisan/tulis Waktu dan jenis perangkat tes atau non tes untuk penilaian disesuaikan dengan indikator |
Poer Point, Modul | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
4 | Memiliki pengetahuan, pemahaman yang berkaitan dengan fungsiteori, penelitian yang relevan dan mampu menerapkan dalampenyusunan hipotesispenelitian yang disertai dengan kerangka berpikirdan menguji hipotesis. |
Pembahasan tentang Teori, Kerangka Berpikir dan Hipotesis | • Mahasiswa memperhatikan penjelasan tentang pengertian teori, fungsi teori dalam penelitian, dan pemilihan teori yang lerevan dengan masalah penelitian • Sajian bagan yang berisikan hubungan teori, penelitian yang relevan dan kerangka berpikir, untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami. • Mahasiswa memperhatikan contoh hasil penelitian (skripsi) dan diminta mengamati isi pada bagian teori dan memberikan catatan. • Mahasiswa mengadakan tanya jawab dan diskusi tentang kriteria pemilihan teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti dan menyusun kerangka berpikir . • Mengidentifikasi contoh hipotesis, mempelajarinya dan membuat contoh hipotesis penelitian. • Memperhatikan penjelasan tentang pengertian hipotesis, ciri hipotesis, tipe kesalahan dalam hipotesis. • Mahasiswa dengan bimbingan dosen berdiskusi tentang jenis, tipe hipotesis, dan pengujian hipotesis penelitian. • Mahasiswa mengerjakan tugas membaca bagian teori pada skripsi dan memberikan catatan-catatan kekurangan dan kelebihan yang ditemukannya. |
2 x 50 menit | 1. Tes lisan/tulis 2. Hasil kerjaan 3. Tanya jawab 4. Keaktifan Waktu dan jenis perangkat tes atau non tes untuk penilaian disesuaikan dengan indikator |
Power Point, Modul | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
5 | Memiliki pemahaman dalam metode penelitian historis, teknik pengumpulan data dan mengkritisi sumber data mendikusikan .... | Pembahasan tentang Penelitian Historis | • Mahasiswa memperhatikan penjelasan tentang metode penelitian historis • Mahasiswa berdiskusi tentang pengertian penelitian historis • Mahasiswa menelaah berbagai teknik pengumpulan data/bahan penelitian historis. • Mahasiswa mempelajari data/bahan penelitian historis • Mahasiswa dan dosen berdiskusi tentang kritik terhadap data, kelebihan dan kekurangan penelitian historis |
2 x 50 menit | 1. Tanya jawab 2. Hasil pekerjaan mahasiswa 3. Observasi 4. Tes lisan/tulisan |
Power Point, Odul | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
6 | Mahasiswa menguasai konsep dasar, jenis dan prosedur (perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil) penelitian deskriptif. |
Pembahasan tentang Metode Penelitian Deskriptif | • Mahasiswa memperhatikan penjelsan tentang konsep dasar; pengetian, tujuan dan fungsi, kelebihan dan kekurangan penelitian deskriptif; jenis dan prosedur pada metode penelitian deskriptif. • Sajian contoh penelitian deskriptif sebagai bahan diskusi dalam membahas konsep dasar, jenis dan prosedur penelitian desklriptif. • Mahasiswa mengidentifikasi dan menganalisis skripsi/ jurnal hasil penelitian deskriptif, kemudian membuat contoh suatu judul, masalah, dan variable metode penelitian deskriptif |
2 x 50 menit | 1. Tanya jawab 2. Keaktifan/partisipasi 3. Hasil kerja mahasiswa 4. Tes lisan/tulis |
Power Point, Modul | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
7 | Memiliki pemahaman tentang metode penelitian eksperimen, meliputi pengertian, karakteristik(ciri-ciri), validitas penelitian eksperimen, jenis rancangan eksperimen, kelemahan dan kelebihan metode penelitian eksperimen, dan prosedur (langkah-langkah) pelaksanaan metode penelitian eksperimen. mendikusikan .... |
Pembahasan tentang Metode Penelitian Eksperimen | • Mahasiswa memperhatikan penjelasan tentang metode penelitian eksperimen dan desainnya secara menyeluruh. • Sajian beberapa contoh hasil penelitian yang diambil dari jurnal/skripsi, sebagai bahan diskusi mahasiswa • Mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi/mengamati hal-hal yang terkait dengan: metode yang digunakan dan prosedur pelaksanaan penelitiannya dalam jurnal/skripsi. • Secara berkelompok mahasiswa diminta merumuskan pengertian tentang kedua hal yang dicermati tersebut dari setiap contoh penelitian yang dijadikan contoh. • Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi pada metode penelitian eksperimen. • Mahasiswa secara individual diminta untuk membuat rancanganpenelitian eksperimen dengan menggunakan jenis rancangan tertentu . |
2 x 50 menit | 1. Kreatifan mahasiswa 2. Tes lisan/tulisan 3. Hasil Kerja mahasiswa 4. Tanya jawab Waktu dan jenis perangkat tes atau non tes untuk penilaian disesuaikan dengan indikator |
Bagan, jurnal, hasil penelitian, | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
8 | Memiliki pemahaman tentang penelitian tindakan, perbedaan dengan penelitian lainnya, dan prosedur terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pemberhentian penelitian, pengolahan data dan pelaporan hasil penelitian tindakan |
Pembahasan tentang Penelitian Tindakan (Action Research) | • Memperhatikan penjelasan tentang batasan dan ciri penelitian tindakan dan perbedaan dengan penelitan lainnya • Melalui sajian hasil penelitian tindakan dalam bentuk jurnal/skripsi mahasiswa menyimak Masalah, rumusan masalah dan judul penelitian. • Melalui contoh dari jurnal/skripsi mahasiswa mendiskusikan teori dalam penelitian tindakan, metode dan rancangan tindakan yang berupa siklus, instrumen pengumpul data sertateknik analisis data dan mempresentasikan/ melaporkan hasilnya. |
2 x 50 menit | • Mahasiswa mengidentifikasi dan menganalisis skripsi/ jurnal hasil penelitian tindakan dan membuat laporan individu | Jurnal | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
9 | Mahasiswa Memiliki pemahaman dan kemampuan dalam mengguakan alat pengumpul data dan mampu menguji persyaratan yang dibuat peneliti |
Pembahasan tentang Analisis Data Penelitian | • Mendengarkan penjelasan tentang teknik dan alat pengumpul data. • Sajian contoh dari berbagai alat pengumpul data tes, observasi, wawancara, dokumentasi, skala, kuesioner dari skripsi, sebagai bahan perbandingan bagi mahasiswa dalam berdiskusi, dan menganalisis ketepatan alat ukur dengan masalah yang diteliti. |
2 x 50 menit | • Penarikan kesimpulan terhadap ketepatan dalam pengujian persyaratan alat pengumpul data yang baik (standar) • Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi yang berkaitan dengan teknik dan alat pengumpul data. |
Jurnal, Modul | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
10 | Mahasiswa Memiliki pemahaman dalam sistematika proposal dan laporan penelitian, tata tulis ilmiah, penulisan jurnal ilmiah, etika penelitian. |
Pembahasan tentang Penyusunan proposal dan Laporan Penelitian | • Mendengarkan penjelasan tentang penyusnan proposal sesuai dengan isi dari sistematika dan laporan penelitian yang berlaku dalam lingkungan akademika tertentu. | 2 x 50 menit | • Melalui sajian mahasiswa membandingkan sistematika proposal dan laporan penelitian dan menelaah tata tulis ilmiah dan memberikan laporan • Mahasiswa mempelajari teknik penulisan jurnal ilmiah tertentu dan mendiskusikan. • Mahasiswa mensimulasikan pembuatan jurnal ilmiah dalam bentuk tulisan yang sederhana sesuai dengan kaitan dalam penulisan karya ilmiah, sehingga memiliki etika penelitian |
Jurnal,power point | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
11 | Memahami konsep dasar penelitian subjek tunggal (PST) dalam penelitian pendidikan mendikusikan .... | Pembahasan tentang Penelitian Subjek Tunggal (PST) | • Memperhatikan penjelasan tentang batasan dan ciri penelitian subyek tunggal dan perbedaan penelitian subyek tunggal dengan penelitian lainpada umumnya. • Sajian artikel, jurnal, skripsi mahasiswa melakukan identifikasi atau analisis terhadap masalah dan rumusan masalah penelitian subyek tunggal dan mendiskusikan dengan dalam sebagai latihan dalam merumuskan masalah penelitian. • Mempresentasikan hasil diskusi kelompok untuk memperoleh tanggapan dari kelompok lain. |
2 x 50 menit | • Mahasiswa mendiskusikan dalam kelompok tentang perbedaan desain penelitian subyek tunggal dengan penelitian eksperimen biasa • Melalui sajian contoh penelitian subyek tunggal, mahasiswa melakukan diskusi dan menganalisis teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian subyek tunggal. |
Jurnal, Modul | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
12 | Mahasiswa memiliki kemampuan; 1. Menjelaskan tentangteknikdanalatpengumpul data penelitian 2. Memahami berbagai jenis alat pengumpul data 3. Memilih jenis alat pengumpul data sesuai dengan masalah penelitian |
Pembahasan tentang Penyusunan proposal dan Laporan Penelitian | • Mendengarkan penjelasan tentang teknik dan alat pengumpul data. • Sajian contoh dari berbagai alat pengumpul data tes, observasi, wawancara, dokumentasi, skala, kuesioner dari skripsi, sebagai bahan perbandingan bagi mahasiswa dalam berdiskusi, dan menganalisis ketepatan alat ukur dengan masalah yang diteliti. |
2 x 50 menit | 1. Testulis, lisan 2. Aktivitas diskusi dan pembelajaran 3. Tanya jawab 4. Hasil pekerjaan mahasiswa |
Jurnal, PPT | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
13 | Mahasiswa Memiliki pemahaman dalamkonsep, teori, dan langkah-langkah dalam melakukan melakukan penelitian kualititf. | Pembahasan tentang PenelitianKualitatif | • Mendengarkan penjelasan tentang batasan, landasanfilosofispenelitian kualitatif, ciri penelitian, perbedaan penelitian kualitatif dengan penelitian pada umumnya. • Sajian contoh penelitian kualititif dalam bentuk jurnal/skripsi yang diperlukan untuk bahan diskusi dalam membuat fokus masalah masalah penelitian. |
2 x 50 menit | • Menggaliinformasitentangketerbatasanmelakukan penelitiandenganpendekatankuantitatif • Sajian contoh teknik analisis data dan uji keabsahan data dari jurnal/skripsi sebagai bahan diskusi dalam kelompok. • Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi yang berkaitan dengan fokus masalah, teoridalam penelitian kualitatif. |
Power point, jurnal | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
14 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah-masalah di lingkungan sekitarnya, dan melakukan mini research | 8 : UTS Materi pertemuan 1-7 |
Melakukan riset | Melakukan riset terkait literasi masyarakat sesuai dengan pedoman penelitian ilmiah | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskanmenjelaskan fenomena yang terjadi di masyarakat terkait literasi | Jurnal, pedoman penulisan ilmiah |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
15 | Mahasiswa mampu Memiliki pemahaman dalam populasi, sampel, dan teknik pengambilan sampel, menentukan jumlah sampel yang representatif pada berbagai model penelitian |
Pembahasan tentang Populasi, Sampel, dan Teknik Sampling | • Mendengarkan penjelasan tentang populasi, sampel, danteknik sampling,landasanfilosofispemilihan, teknik sampling yang dapat digunakan dalam pengolahan dengan statistika inferensial | 2 x 50 menit | • Sajian contoh berupa bagan keterkaitan populasi dengan pengolahan data penelitian dan penarikan kesimpulan, sebagai bahan diskusi dan tanya jawab • Mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi yang berkaitan dengan populasi, sampel dan teknik sampling. |
Jurnal, Modul | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan seluruh materi yang yang telah disampaikan dari pertemuan 9-15 | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 2 x 50 menit | Ketepatan menjelaskansoal dari materi. Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | Modul, Jurnal |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: PLS3142-DASAR-DASAR PENELITIAN (2 SKS), Semester: 3 A, Dosen : NANI SINTIAWATI, Hari: Senin, 10.20 s.d 12.00, Tahun Akademik: 2021/2022, Jurusan: Pendidikan Luar Sekolah
Semua hak cipta dilindungi oleh UNINUS