Fakultas | PERTANIAN |
jurusan | Agroteknologi |
Kode Matakuliah | AGT630 |
Nama Matakuliah | TOKSIKOLOGI LINGKUNGAN |
SEMESTER | 6 |
SKS | 3 sks |
Pengampu Perkuliahan | LILIS IRMAWATIE |
Peserta Perkuliahan |
Matakuliah ini merupakan matakuliah yang membahas tentang peran perhitungan dan analisa lingkungan pertanian dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pertanian sehingga dapat terhindar dari penyebab toksik yang diberikan oleh manusia (petani) pada agroekosistemnya.
Mahasiswa memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menganalisa, mengevaluasi dan memberikan solusi terhadap lahan pertanian dari adanya penyebab toksik di agroekosistem yang mereka temui.
Minggu ke | Indikator Capaian Pembelajaran | Bahan Kajian | Metode Pembelajaran | Pengalaman Belajar | Waktu Pembelajaran | Tugas dan Penilaian | Sumber Belajar |
---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan terkait kontrak perkuliahan dan pengertian toksikologi lingkungan | Pembahasan tentang Kontrak Perkuliahan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Memahami secara lengkap mengenai toksikologi lingkungan. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan mengenai toksikologi lingkungan, Ketepatan menyebutkan mengenai toksikologi lingkungan, dan lain sebagainya. | Pembahasan bersama mahasiswa terkait kontrak perkuliahan dan informasi dasar terkait toksikologi dan lingkungan | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan mengenai berbagai jenis polusi dalam badan air dan perairan. | Pembahasan tentang Pencemaran Air | SCL dan Diskusi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Analisis mengenai berbagai jenis polusi dalam badan air dan perairan. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan mengenai berbagai jenis polusi dalam badan air dan perairan, Ketepatan menyebutkan mengenai berbagai jenis polusi dalam badan air dan perairan, dan lain sebagainya | Kajian Bahan Pencemar Air dan Sumber Pencemar Air dimana Mahasiswa Dapat Memiliki Kompetensi mengenai pemahaman dan pengklasifikasian sumber pencemar air (toksik dan non toksik) hingga pengertian lethal dan sub lethal. |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan mengenai berbagai jenis bahan pencemar udara dan penanganannya. | Pembahasan tentang Pencemaran Udara | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menmahami mengenai berbagai jenis bahan pencemar udara dan penanganannya | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan mengenai berbagai jenis bahan pencemar udara dan penanganannya, Ketepatan menyebutkan mengenai berbagai jenis bahan pencemar udara dan penanganannya, dan lain sebagainya | Pembahasan mengenai sumber pencemar di udara, efek rumah kaca dan partikulat-partikulat pencemar | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan mengenai berbagai jenis polusi di muka tanah dan bahan pencemar utamanya. | Pembahasan tentang Review Pencemaran Lingkungan dan Limbah Padatan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Memahami mengenai berbagai jenis polusi di muka tanah dan bahan pencemar utamanya. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan mengenai berbagai jenis polusi di muka tanah dan bahan pencemar utamanya, Ketepatan menyebutkan mengenai berbagai jenis polusi di muka tanah dan bahan pencemar utamanya, dan lain sebagainya | Pembahasan mengenai sumber pencemar padat dan dampaknya serta cara dan teknologi pengelolaan limbah secara insitu dan eksitu. | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan mengenai pemahaman remediasi lingkungan dan berbagai jenis remediasi lingkungan yang ada. | Pembahasan tentang Remediasi Lingkungan | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, mengenai pemahaman remediasi lingkungan dan berbagai jenis remediasi lingkungan. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan mengenai pemahaman remediasi lingkungan dan berbagai jenis remediasi lingkungan, Ketepatan menyebutkan mengenai pemahaman remediasi lingkungan dan berbagai jenis remediasi lingkungan, dan lain sebagainya | Pembahasan mengenai remediasi lingkungan di air tanah dan udara dengan memanfaatkan teknologi tepat guna dan agen hayati. | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan mengenai pengertian bioremediasi. | Pembahasan tentang Bioremediasi | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal pengertian toksikan dan toksisitas. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan pengertian toksikan dan toksisitas, Ketepatan menyebutkan pengertian toksikan dan toksisitas, dan lain sebagainya | Pembahasan mengenai bioremediasi dan jenis jenis bioremdiasi secara insitu dan eksitu. | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan mengenai pengertian toksikan dan toksisitas. | Pembahasan tentang Toksikan dan Toskisitas | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, pengertian toksikan dan toksisitas. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskanpengertian toksikan dan toksisitas, Ketepatan menyebutkanpengertian toksikan dan toksisitas, dan lain sebagainya | Pembahasan mengenai Lethal Dosis dan Lethal Concentrations pada suatu senyawa dan bahan-bahan pertanian | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
8 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan mengenai berbagai jenis polusi (air, tanah, udara), remediasi lingkungan, bioremediasi dan pengertian toksikan dan toksisitas. | 8 : UTS | Mengerjakan soal UTS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal mengenai berbagai jenis polusi (air, tanah, udara), remediasi lingkungan, bioremediasi dan pengertian toksikan dan toksisitas. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan mengenai berbagai jenis polusi (air, tanah, udara), remediasi lingkungan, bioremediasi dan pengertian toksikan dan toksisitas., Ketepatan menyebutkan mengenai berbagai jenis polusi (air, tanah, udara), remediasi lingkungan, bioremediasi dan pengertian toksikan dan toksisitas., dan lain sebagainya | Evaluasi Pembelajaran dengan menggunakan kemampuan terkait topik 1 hingga 7 |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan tentang pengaruh pemupukan majemuk berlebih terhadap lingkungan dan biota serta pengaruh sisa kontaminan pestisida terhadap lingkungan, tanaman, dan manusia. | Pembahasan tentang pengaruh pemupukan NPK berlebih terhadap lingkungan dan biota serta pengaruh residu pestisida terhadap lingkungan, tanaman, dan manusia. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan tentang pengaruh pemupukan majemuk berlebih terhadap lingkungan dan biota serta pengaruh sisa kontaminan pestisida terhadap lingkungan, tanaman, dan manusia. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan tentang Pembahasan tentang pengaruh pemupukan majemuk berlebih terhadap lingkungan dan biota serta pengaruh sisa kontaminan pestisida terhadap lingkungan, tanaman, dan manusia, Ketepatan menyebutkan tentang pengaruh pemupukan majemuk berlebih terhadap lingkungan dan biota serta pengaruh sisa kontaminan pestisida terhadap lingkungan, tanaman, dan manusia., dan lain sebagainya | Pembahasan tentang pengaruh pemupukan NPK berlebih terhadap lingkungan dan biota serta pengaruh residu pestisida terhadap lingkungan, tanaman, dan manusia. | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan tentang penggunaan pestisida yang berlebih terhadap ekosistem dan hama tanaman. | Pembahasan tentang pengaruh penggunaan pestisida yang berlebih terhadap ekosistem dan hama tanaman. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang penggunaan pestisida yang berlebih terhadap ekosistem dan hama tanaman. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan tentang penggunaan pestisida yang berlebih terhadai ekosistem dan hama tanaman. Ketepatan menyebutkan tentang penggunaan pestisida yang berlebih terhadap ekosistem dan hama tanaman, dan lain sebagainya | Pembahasan tentang pengaruh penggunaan pestisida yang berlebih terhadap ekosistem dan hama tanaman. | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang pengaruh limbah sampah dan limbah kimia pabrik terhadap ekosistem dan lingkungan. | Pembahasan tentang pengaruh limbah sampah dan limbah kimia pabrik terhadap ekosistem dan lingkungan. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikantentang pengaruh limbah sampah dan limbah kimia pabrik terhadap ekosistem dan lingkungan. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan tentang pengaruh limbah sampah dan limbah kimia pabrik terhadap ekosistem dan lingkungan, Ketepatan menyebutkan tentang pengaruh limbah sampah dan limbah kimia pabrik terhadap ekosistem dan lingkungan, dan lain sebagainya | Pembahasan tentang pengaruh limbah sampah dan limbah kimia pabrik terhadap ekosistem dan lingkungan. | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan tentang pengaruh pembakaran hutan terhadap lingkungan dan manusia. | Pembahasan tentang pengaruh pembakaran hutan terhadap lingkungan dan manusia. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab diskusi tentang pengaruh pembakaran hutan terhadap lingkungan dan manusia. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan tentang pengaruh pembakaran hutan terhadap lingkungan dan manusia., Ketepatan menyebutkan tentang pengaruh pembakaran hutan terhadap lingkungan dan manusia, dan lain sebagainya | Pembahasan tentang pengaruh pembakaran hutan terhadap lingkungan dan manusia. | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang pengaruh polusi udara terhadap lingkungan dan manusia. | Pembahasan tentang pengaruh polusi udara terhadap lingkungan dan manusia. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan tentang pengaruh polusi udara terhadap lingkungan dan manusia. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskantentang pengaruh polusi udara terhadap lingkungan dan manusia, Ketepatan menyebutkan tentang pengaruh polusi udara terhadap lingkungan dan manusia dan lain sebagainya | Pembahasan tentang pengaruh polusi udara terhadap lingkungan dan manusia. | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang pengaruh polusi pabrik kapur terhadapa lingkungan dan ekosistem. | Pembahasan tentang pengaruh polusi pabrik kapur terhadap lingkungan dan ekosistem. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikantentang pengaruh polusi pabrik kapur terhadap lingkungan dan ekosistem. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan tentang pengaruh polusi pabrik kapur terhadap lingkungan dan ekosistem, Ketepatan menyebutkan tentang pengaruh polusi pabrik kapur terhadap lingkungan dan ekosistem, dan lain sebagainya | Pembahasan tentang pengaruh polusi pabrik kapur terhadap lingkungan dan ekosistem. | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendikusikan tentang pengaruh food additive terhadap manusia. | Pembahasan tentang pengaruh food additive terhadap manusia. | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal tentang pengaruh food additive terhadap manusia. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskantentang pengaruh food additive terhadap manusia, Ketepatan menyebutkan tentang pengaruh food additive terhadap manusia, dan lain sebagainya | Pembahasan tentang pengaruh food additive terhadap manusia. | |
Catatan Ujian Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
16 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan materi toksikologi lingkungan dari pasca UTS. | 16 : UAS | Mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab pembahasan tentang toksikologi lingkungan dari pasca UTS. | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan toksikologi lingkungan dari pasca UTS, Ketepatan menyebutkantoksikologi lingkungan dari pasca UTS, dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video | |||||||
17 | Mahasiswa mampu menjelaskan dan mendiskusikan materi toksikologi lingkungan dari pasca UTS. | UAS susulan | mengerjakan soal UAS | Menyimak, Mengamati, Mendiskusikan, dan Menjawab soal | 3 x 50 menit | Ketepatan menjelaskan...., Ketepatan menyebutkan..., dan lain sebagainya | |
Catatan Ujian :1 Diskusi Materi Tidak ada tugas Audio Video |
Artefak perkuliahan Matakuliah: AGT630-TOKSIKOLOGI LINGKUNGAN (3 SKS), Semester: 6 A.6/1, Dosen : LILIS IRMAWATIE, Ruang: C.101, Hari: Kamis, 09.00 s.d 10.40, Tahun Akademik: 2022/2023, jurusan : Agroteknologi
Semua hak cipta dilindungi oleh UNINUS